AKPER PPNI SURAKARTA

CARA MEMPREDIKSI TINGGI SI KECIL SETELAH DEWASA

Setinggi dan seberapa besar kamu nanti anakku ?
Ilmu ramal jadi meriah di akhir tahun dan juga di awal tahun, pada awal tahun 2009 aja masih banyak orang yang meramal. Mulai meramal ekonomi 2009, kejadian yang akan terjadi tahun 2009, artis yg akan cerai dan bermasalah…. Pokoknya meriah ….. tapi apa bisa meramal nanti ananda jadi sebesar dan setinggi apa ? Btw saya tidak bermaksud berubah profesi jadi peramal, cuman berusaha mengajarkan cara meramal pada para ortu ….. jadi mohon para peramal gak usah kuatir tersaingi

Yang diramal bukan nasib atau jodoh tapi seberapa besar dan seberapa tinggi ananda nantinya, dari yang simpel sampai yang rumit, namun saya akan menyampaikan yg paling mudah dan mendekati akurat. Jangan berharap kepastian dalam hal ramalan, banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ananda mulai dari genetik, lingkungan, gizi … jadi tetap saja meramal hanyalah memperkirakan bukan kepastian .

Kita mulai dari memperkirakan Berat Badan (BB) ananda secara mudah, contohnya: bila ada bayi lahir dengan Berat badan Lahir (BBL) normal sekitar 2,5kg sampe 3,5 kg maka dapat diperkirakan

BB menjadi 2 x BBL pada bayi umur 5 bulan

BB menjadi 3 x BBL pada bayi umur 1 tahun

BB menjadi 4 x BBL pada umur 2 tahun.

Nah dengan begitu kita udah bisa perkirakan, namun untuk lebih akurat tetap pake grafik pertumbuhan yang bisa dilihat di halaman download.

Sedangkan untuk tinggi badan (TB) bisa diperkirakan dengan cara:

1 tahun = 1,5 x TB lahir

4 tahun = 2 x TB lahir

6 tahun = 1,5 x TB setahun

13 tahun = 3 x TB lahir

Dewasa= 3,5 x TB lahir atau(2 x TB umur 2 tahun)

Ada lagi .. kalo ada yg tanya anak saya kalo besar setinggi apa saat dewasa? maka ini jawabnya

Rumus Prediksi tinggi akhir sesuai potensi genetik :

TB perempuan = [(TB ayah – 13 cm) + TB ibu] :2 ± 8,5 cm

TB laki-laki = [(TB ibu + 13 cm ) + TB ayah] :2 ± 8,5 cm

Maksud rumus ini, kalo punya anak bisa diperkirakan tinggi saat dewasa dengan cara ini, contoh: Ayahnya 170cm, Ibu 160cm, punya anak laki laki maka diperkirakan tinggi nantinya= 171,5 ± 8,5 cm. Jadi ananda bisa setinggi antara 163cm – 180cm. Tergantung dari gizi, lingkungan dll.

Tentunya rumus ini bisa melenceng bila terjadi mutasi genetik, misalnya terus jadi tinggi sekali seperti Yao Ming ….atau pendek sekali kayak….. kayak orang pendek pokoknya J Itu tidak bisa diperkirakan dengan rumus ini. Dan saya jangan dimarahi nantinya kalo ternyata ananda tingginya gak cocok dengan rumus rumus ini. Biar gimana manusia sulit diperkirakan dengan rumus …..

24 Januari 2009 - Posted by | KEPERAWATAN ANAK

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: